Tips fokus mengerjakan tugas

Apakah kalian termasuk siswa yang malas dan mageran untuk mengerjakan tugas terlebih di masa kelas online seperti sekarang ini? Jika benar, maka post ini benar-benar untuk kalian. Yap, 100% untuk kalian.

Kenapa sih orang-orang sudah di beri kemudahan malah semakin molor. Coba saja guru tidak memberikan tenggang  waktu semalam sejak tugas di berikan pasti Si Riski ga bakal scroll tiktok sampai maghrib, coba aja guru gak ngatur pengumpulan tugas minggu depan pasti Rivan gak bakal ngerjain tugasnya tepat di H-1.

Siapa sih yang gak suka sensasi dikejar deadline, aliran adrenalin yang berpacu serasa nyawa terakhir bergantung pada selesai atau tidak selesainya tugas. Tapi apakah kalian tau sistem kebut semalam itu merupakan kebiasaan yang buruk. Kalo yang ngasih tugas satu mata pelajaran aja sih gak apa-apa, tapi ini malah semua mapel, apa iya gak tekor? Apa salahnya sih kembangkan kebiasaan mengerjakan tugas saat diberikan walaupun tenggang waktunya seminggu, kan nyaman banget tuh tugas selesai saat itu juga, jadi saat ada tugas baru dari mapel lain kalian tinggal kerjakan. Gak ada tugas numpuk, gak ada kepanikan massal di hari H, gak ada nilai merah wkwkwk.


Nah berikut beberapa tips menyenangkan untuk mengerjakan tugas kelas online dengan fokus versi saya.

  • Lokasi

Carilah tempat yang mendukung kalian untuk fokus mengerjakan tugas. Kalian lebih fokus saat sunyi? Maka carilah tempat bebas polusi suara, asalkan jangan di kuburan, kamar kalian contohnya. Gak punya tempat sunyi karena adek yang masih balita berkeliaran sana sini, saran ya belajar di bawah pohon samping rumah aja, enak tuh adem ayem dengan semilir angin di temani dedaunan yang berjatuhan dan secangkir teh obeng ( nama es teh manis di Batam ) . Tapi gak ada pohon di samping rumah. Yaudah belajar di toilet aja gan terserah kalian yang penting membantu kalian untuk fokus. Kalian lebih fokus mengerjakan saat di keramaian? Itu lebih bagus lagi karena gak perlu pindah-pindah lokasi buat belajar. Mau ngerjakan tugas sambil jual ikan atau sayur-sayuran di pasar pun jadi.

  • Musik/Instrument

Kalian tipe yang fokus belajar saat ada musik? Seperti saya contohnya. Saya merasa otak di kepala saya lebih ter-boost saat telinga menangkap instrumen musik lo-fi, apalagi menggunakan headset atau earphone, getaran di gendang telinga serasa mengguncang otak saya. Saya aja yang suka musik lo-fi damage musiknya bukan main, apalagi yang dengerin hard rock, apa gak salto jungkir balik itu otak. Tapi saya saranin jika ingin belajar sambil mendengarkan musik lebih baik itu intrumen atau lagu yang gak kalian hapal. Jika kalian memutar lagu favorit bukannya ngerjain tugas kalian malah ngadain konser, dahlah gak bakal selesai-selesai itu tugas.

  • Ponsel

Pengecoh terbesar dalam sejarah pelajar Indonesia. Jadi bagaimana, apakah kalian termasuk tipe yang bisa tidak bisa fokus jika ponsel tidak di matikan? Kalo saya sih gak ya, sebenarnya yang salah itu bukan ponsel tapi kalian sendiri. Pikiran kalian yang selalu teralihkan oleh notif sosmed itu benar-benar doktrin yang luar biasa dalam abad ini ( Menurut saya ) gak percaya? Coba aja, pasti setiap ada notif mau itu sosmed atau pesan spam dari sms hadian ratusan juta kalian tanpa sadar akan langsung mengecek ponsel. Nah tips saya jika kalian ingin belajar lebih baik matikan saja data/sambungan wifi di ponsel kalian dan langsung mengerjakan tugas. Eh tapi kan jawabannya harus liat mbak googel? Kalo saya sih mencari semua jawaban dulu baru di screenshot setelah itu matikan data/sambungan wifi, jadi sisanya saya hanya perlu fokus mencatat dan mengisi soal.

setiap orang kan memiliki cara yang berbeda-beda dalam belajar, semoga saja tulisan ini dapat membantu menyelesaikan salah satu kesulitan teman-teman dalam masa pandemi ini. Sekian dari saya, tarik sist~~~~